Analisa Komputer Rusak dan Solusinya

|| || || Leave a comments
Komputer mati total dapat disebabkan oleh beberapa faktor kerusakan atau kesalahan, Nah kali ini police website indo akan sedikit berbagi bagaimana cara mencari atau analisa berbagai penyebab yang sering terjadi pada komputer yang matot tadi, dan anda bisa melakukan dari tips ringan dibawah ini :

1. Check bahwa kabel – kabel listrik pada komputer terpasang dengan benar dan kuat, bisa anda cek misal pada power supply CPU sudah kuat terpasang, dan juga cek kabel monitor juga apa sudah kuat pemasangan kabel listriknya.

2. jika langkah diatas sudah di cek dan benar, maka silahkan mencoba membuka casing cpu dan lihat juga apakah kipas procesor dan kipas vga nya bekerja dengan baik, karena kalau kipas tersebut tidak berputar, otomatis suhu panas yang ditimbulkan dan motherboard akan secara otomatis mematikan mesin komputer tersebut, dikarenakan panas yang berlebihan.

3. Bila kipas berputar semua dan berfungsi dengan normal, coba anda lakukan pembersihan total pada motherboard, cabut seluruh kabel data dan kabel power serta angkat motherboard keluar dan bersihkan dengan kuas lembut atau vacum cleaner agar debu yang selama ini tidak dibersihkan akan terangkat keluar, karena debu merupakan salah satu penyebab bahwa komputer mati total karena kotor dan tidak terawat.

4. Check Memory / RAM anda, bersihkan dan pasang kembali semuanya dengan benar, jika tidak ada kerusakan pada komponen elektronik di komputer mati total tersebut, kita tidak mesti mengganti yang baru, kita hanya perlu menganalisa komputer yang mati tadi, kemunginan bisa RAM sudah rusak, Kipas tidak berputar normal, prosesor panas dll yang menyebabkan tidak berfungsinya suatu komputer.

sudah dilakukan semua langkah tadi coba anda hidupkan kembali komputer yang mati total tersebut, semoga sudah bisa hidup kembali

semoga bermanfaat